“The Dreaded Fourth-Year Slump”

“I waited until my Ph.D. committee had left the room to break down. I sank into a chair, head in hands, as my committee meeting form sat unsigned on the lectern. I had just failed my dissertation proposal defense—a poor start to my fourth year of grad school. My committee members had told me that my experiments were too small-scale, my ideas not deep enough. I realize now that they were pushing me because they believed in me. They told me as much. But in that moment, I could not hear anything positive. All I could hear was the voice in my head telling me that I’d failed.” -Katherine Still, taken from here.

Ada sesuatu yang dinamakan “fourth-year slump“, yang biasa terjadi pada mahasiswa S3 yang berada di tahun ke-4 mereka. Pada tahun ke-4 ini, mahasiswa S3 biasanya merasa, “The exit door is there, but why is it so hard to get there?

Suatu hari, aku membaca tulisan dari Katherine Still di atas. Lalu aku ketakutan sendiri.

Aku sendiri mengalaminya saat ini. Sekarang.

onlineGradCard

Jika kalian melihat milestones yang harusnya kulakukan saat S3, setelah lulus qualifying exams tahun lalu, jelas-jelas aku sudah kelewatan beberapa standard date-nya, dan completed date-nya masih kosong melompong. Sekembalinya kemarin dari liburan di Indonesia, aku menertawai diri sendiri.

Fourth-year slump itu benar adanya.

Bagaimana ya, rasanya takut sekali untuk mulai mengumpulkan anggota thesis committee dan minta untuk mulai sidang. Bukan apa-apa, rasanya lebih aman saja dengan tetap melakukan research as usual (bukan business as usual, haha). Sebagai manusia, siapa sih yang suka dikritisi? Aku pun takut kalau harus sidang thesis committee, karena siapa yang menjamin proposal thesis S3-ku tidak akan dibantai? Bagaimana kalau hasilnya aku harus merombak habis-habisan?

Aku meringis dan merinding sendiri membayangkan kemungkinan tersebut.

Padahal aku membutuhkan minimal 3 sidang dengan thesis committee (dan bisa jadi lebih) sebelum bisa mengajukan tanggal untuk thesis defense. Bahkan untuk memulai sidang pertamanya sendiri aku ogah-ogahan!

Akhirnya, kemarin aku mulai mengontak beberapa professor yang mungkin bersedia menjadi anggota thesis committee-ku. Ada satu professor yang menurutku akan sangat cocok menjadi anggota komiteku, tetapi setelah mengontak via surel, mencoba menghubungi adminnya, bahkan datang langsung ke kantornya, beliau ternyata sudah tidak terlalu menghabiskan waktu di kampus lagi, dan lebih fokus untuk membangun startup-nya. Untunglah, aku dapat menemukan professor lain yang bisa menjadi anggota komiteku, dan memenuhi kuota thesis committee.

Aku mengontak graduate officer, meminta waktu untuk meeting dengan beliau dan membereskan urusan tetek bengek proposal thesis dan juga kurikulum, termasuk major dan minor S3-ku. Harusnya setelah semester ini, aku tidak perlu ambil kelas dan kuliah lagi, karena jumlah kelasnya (seharusnya) sudah cukup. Makanya, daftar kelas di kurikulumku ini harus di-approve oleh graduate officer.

Di minggu yang sama, kuteguhkan hati untuk minta pendapat mereka, kira-kira kapan mereka bisa berada di kampus untuk sidang. Aku ingin sidang pertamaku berlangsung sebelum musim panas ini. Karena musim panas nanti, kemungkinan aku tidak ada di kampus. Aku ingin sidang keduanya di musim gugur tahun ini, lalu sidang ketiganya di musim dingin tahun depan, supaya bisa thesis defense di musim semi tahun depan, dan lulus Mei 2021.

Untung, ketiga professor yang sibuk ini punya waktu di pagi hari. Professor-ku sendiri sedang berada di Singapura semester ini dan akan menelpon dari sana.

22 April 2020 akan jadi sidang thesis committee-ku yang pertama. Mohon doanya.

One thought on ““The Dreaded Fourth-Year Slump”

  1. semangat dan semoga sukses, dirimu pasti bisa, pasti tidak bakal seperti saya yg perlu 7 taun baru bisa exit that door hehe

    S3 menurutku memang ujian mentalnya gila2an, paling tidak bagi saya dg kemampuan yg tidak di atas rata2, tp paling tidak akhirnya bisa belajar dari proses .. yg teramat lama itu hehe

    sekali lg, smoga sukses dg sidang tesisnya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s