Titan Is Now on Radio!

Quantum leap, begitu pikirku. Semua diawali dengan wawancara program Berburu Beasiswa sekitar 2 bulan yang lalu oleh SS (Sobat Siar) Astari dari Jepang, di Radio PPI Dunia. Berbekal pengalaman minimum soal public speaking, tawaran itu kuiyakan.

Sebelumnya, aku pernah juga menjadi narasumber di Seminar Indonesia Mengglobal di @america, yang bisa kalian saksikan di sini. Bisa kalian lihat dengan jelas, betapa kaku dan tidak luwesnya aku dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Setelah dari acara itu, rasa menyesal tetap mengendap di dasar hati, dan aku berjanji pada diri sendiri, kalau ada kesempatan sharing dengan khalayak luas seperti itu lagi, tak akan kusia-siakan.

Aku tahu, pengalaman kurang maksimal bersama Indonesia Mengglobal itu 75%-nya muncul dari ketidaksiapanku. Aku tidak tahu apa saja hal-hal penting yang harus kusampaikan, pesan apa yang aku ingin audiens ingat setelah pulang, dan sebagainya.

Keeping that at the back of my mind saat persiapan untuk wawancara di Radio PPI Dunia, aku mempersiapkan sebisa mungkin. Aku sengaja bangun lebih pagi (siarannya waktu itu pukul 10:00 waktu Boston, atau 21:00 Waktu Indonesia Barat), dan siap-siap supaya kepalaku tidak berpikir macam-macam, atau perutku tidak kelaparan.

It went well. Rasanya senang sekali ‘melihat’ antusiasme teman-teman yang mendengarkan cerita hidupku yang mungkin tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain. Bahkan, aku mendapat beberapa kenalan baru.

Apa aku harus mencoba menjadi penyiar di radio ini supaya aku bisa ‘melatih’ kemampuan public speaking-ku, yang mana, sangat susah kulatih?

Jujur, aku sempat agak menyesal setelah aku mengklik tombol send di e-mailku untuk HRD Radio PPI Dunia, yang berisi CV dan sample rekaman suaraku. Aku bahkan sempat berharap supaya aku tidak diterima, karena suaraku tidak ‘seperti penyiar’, misalkan.

Tetapi, aku tetap menjalani prosesnya, dengan sabar dan tabah, meskipun sudah tak terhitung berapa kali keinginan untuk quit terlintas di kepalaku. Support dari teman-teman pendengar, serta penyiar dan kru di Radio PPI Dunia pun luar biasa.

It’s a safe space, Titan. You should do it. Plus, you’ll get to know other Indonesian students abroad, not only the ones around Boston!

Selain itu, aku penasaran juga, seperti apa dapur radio, apalagi radio yang kru dan penyiarnya tersebar di berbagai negara seperti ini. Aku yakin, ada banyak inspirasi dan dedikasi yang bisa kupetik dari mereka.

Semoga saja, dengan bergabung di Radio PPI Dunia, kemampuanku berbicara bisa meningkat (drastis), dan aku juga bisa bertemu teman-teman baru lintas negara. Semoga saja, kalian semua, teman-teman pembaca blogku, juga bisa ikut mendengarkan dan berinteraksi secara live denganku. Pasti menyenangkan!

Kutunggu teman-teman semua di udara hari Kamis, 15 Desember 2016, pukul 06:00-09:00 WIB, melalui program Siaran Perdana SS Titan di Radio PPI Dunia. Untuk mendengarkan, kalian bisa menggunakan aplikasi Radio PPI Dunia (Android, iOS), atau lewat situs Radio PPI Dunia.

Siara
Ayo bannernya disebar ke teman-teman kalian!

Setelah siaran perdana, aku juga akan bersiaran hari Sabtu, 17 Desember 2016, pukul 06:00-09:00 WIB di program Paket Komplit. Untuk minggu depan dan seterusnya, jadwalnya mungkin akan berubah, jadi kalian bisa mengecek jadwal tiap minggunya di sini.

Semoga saja quantum leap bagiku ini, bisa menjadi sumber pelajaran yang luar biasa.

Ditunggu di udara, ya!

Advertisements

5 thoughts on “Titan Is Now on Radio!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s