Kota Penyihir: Salem, Massachusetts

Setelah sekian lamanya ogah-ogahan berangkat ke Salem, rata-rata karena menyalahkan tugas yang banyak, akhirnya aku berangkat ke Salem hari Sabtu kemarin. Ditambah lagi, di sana ada Festival Halloween selama bulan Oktober ini.

2016-10-15-09-07-25
Akhirnya pergi juga ke Salem!

Bagi yang penasaran ada apa di Salem, sejarahnya cukup kelam sebenarnya. Pada tahun 1692, 20 orang yang diduga melakukan sihir, akhirnya dihukum mati. 19 orang di antaranya digantung, dan 1 orang lainnya dipukul hingga mati. Mengapa sampai seperti itu?

Awal mulanya, ada dua orang anak yang melakukan hal aneh-aneh, seperti kerasukan. Karena kedua anak itu berasal dari keluarga terpandang, akhirnya dicari penyebabnya, dan masyarakat berkesimpulan bahwa keduanya ‘disihir’.

Siapakah pelakunya? Setelah sekian banyak terpilih para tersangkanya, akhirnya 20 orang berubah status jadi terdakwa yang dihukum mati. Faktanya, tentu saja, semua terdakwa itu tidak berbuat sihir, mereka hanyalah outcast di masyarakat, entah karena mereka tak punya socioeconomic power di dalam masyarakat kala itu, atau tergolong ‘berbeda’ (secara rasial, terutama).

Untungnya, masyarakat berubah, dan mereka mengerti kesalahan yang mereka buat di masa lalu. Sebuah memorial didirikan untuk mengingat ke-20 orang yang terbunuh secara tak adil.

Salah satu memorial. Apakah kamu bisa melihat tulisannya? Nama, 'hanged', dan tanggal.
Salah satu memorial. Apakah kamu bisa melihat tulisannya? Nama, ‘hanged’, dan tanggal.

Karena Salem sangat terkenal akan sejarah ini, makanya, sekitar bulan Oktober, waktu di mana masyarakat Amerika Serikat merayakan Halloween, kota ini mendadak ramai dan sangat hidup. Orang-orang datang dari berbagai tempat, terutama dari Boston dan sekitarnya.

Festival Halloween.
Festival Halloween.

Banyak orang berjualan macam-macam, mulai dari kostum Halloween, hingga batu-batuan, dan jasa meramal. Ada juga mereka yang menjual makanan khas musim gugur, seperti pumpkin pie, atau kopi beraroma kayu manis. Meskipun cuaca mulai agak dingin, tidak menyurutkan niat orang-orang berbondong-bondong ke festival satu ini.

Salem juga terkenal dengan maritimnya, karena merupakan salah satu pelabuhan utama untuk pengiriman barang dan juga port transit para imigran dari Eropa, terutama dari Polandia. Karena itu, sebagian besar warga Salem sekarang, merupakan keturunan dari Polandia.

Mercusuar di Salem.
Mercusuar di Salem.

Salah satu museum seni terkenal di Salem adalah Peabody Essex Museum. Koleksinya cukup ekstensif, salah satunya adalah satu dari dua lukisan Morse. Kisah Morse memang cukup menarik untuk disimak. Dua kali dia melukis, yang pertama di US Congress, yang kedua di Louvre, di Perancis, keduanya berujung pada kebangkrutan. Lukisan yang kedua, cukup menarik, karena dia ingin memperlihatkan seluruh karya masterpiece yang dipamerkan di Louvre dalam satu frame. Sayang, sambutan khalayak tidak seantusias Morse dalam mengemukakan idenya. Walaupun begitu, Morse tidak menyerah. Di kapal yang membawanya kembali ke Amerika Serikat dari Perancis, dia mulai memikirkan soal mesin telegraf dan kode morse, yang membuat namanya terkenal di seluruh dunia.

Lukisan Morse.
Lukisan Morse.

Peabody Essex juga memiliki koleksi khusus; salah satunya, batu dari bulan. Jujur, bagiku, batunya mirip bebatuan biasa di bumi.

Batu dari bulan.
Batu dari bulan.

Selain itu, ada juga satu karya dari Anila Quayyum Agha tentang pertemuan antara budaya barat dan Islam. Bagiku, karyanya menarik sekali, dan luar biasa cantik.

photo_2016-10-16_18-54-00
Karya Anila Quayyum Agha.

Secara umum, Salem adalah tempat yang cocok untuk disambangi, terutama di bulan Oktober, ketika kotanya sedang hidup-hidupnya. Bagi kalian yang ingin mengetahui sejarah tentang tragedi di Salem, ataupun hanya mencari suasana Halloween, keduanya bisa kamu dapatkan di sini. Tiket yang murah ($7.50 sekali jalan), dan jarak yang cukup dekat (hanya setengah jam dari Boston), adalah nilai tambah lainnya. Ditunggu di Boston ya, teman-teman!

2016-10-15-09-48-20
Bahkan pemandangan rawa-rawa dari keretanya pun cantik dan biru sekali.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s