Senior Fall

Greetings from MIT!


Tips; Take a pic in Killian court while it’s still warm. Picture taken by Zea.
Akhirnya aku masuk tingkat akhir juga, dan rasanya aneh membayangkan kalau aku berhasil sampai ke titik ini. Bukan apa-apa, aku masih ingat kekhawatiranku saat tingkat satu: “Semua orang di sini lebih pintar dariku, apa aku sanggup bertahan dan lulus dari sini?”
Nyatanya, manusia memang punya daya adaptasi yang tinggi. Walaupun aku sering mengeluh ke sana kemari, alhamdulillah sampai saat ini segala sesuatunya lancar. Jika memungkinkan, Allah akan meridhoiku lulus Juni 2016. Yep, aku baru saja menghitung jumlah kredit yang kubutuhkan, dan kemarin kredit dari Cambridge berhasil ditransfer, hehe. Asumsikan aku lulus semua mata kuliah semester hari ini, semester depan aku hanya perlu ambil 1 kelas HASS (Humanities, Arts, and Social Science) untuk lulus!
Semester ini cukup menantang buatku. Walaupun aku hanya ambil 48 kredit, normal load, tetapi aku ‘mencoba-coba’ mengambil beberapa kelas. Untuk final project sendiri, atau capstone engineering class milikku, aku mengambil 2.009: Product Engineering Process. Seperti apa kelasnya?
Timku, Tim Pink-B, saat ini sedang mempersiapkan untuk 3-ideas presentation besok. Yang menyenangkan adalah, semua ide-ide produk desain gila yang kupikirkan selama ini, dipertimbangkan semua secara matang-matang. Mungkin blogpost-ku beberapa bulan ke depan akan berkisar tentang kelas ini.

Kelas lainnya yang kuambil adalah Intro to Sustainable Energy, Social Problems of Nuclear Energy, dan Advanced Control and Systems. Ketiga kelas ini termasuk high-level classes, dan materinya benar-benar menarik. Prof. Roman di Intro to Sustainable Energy benar-benar lecturer yang menarik, beliau punya wawasan luas soal energi secara umum, dan mahasiswa tidak sungkan-sungkan bertanya soal apapun pada beliau. Prof. Kemp di Social Problems of Nuclear Energy sendiri tahu banyak soal seluk beluk politik dan regulasi energi nuklir, termasuk sejarahnya. Datang ke kuliahnya seperti diberi dongeng menarik soal energi nuklir. Kemudian untuk Advanced Control and Systems sendiri sebenarnya kelas untuk mahasiswa S2. Aku iseng-iseng ambil karena aku senang mata kuliah undergraduate-nya, dan ingin tahu lebih banyak. Beberapa kuliah pertama sebenarnya aku merasa keder dengan pengetahuan mahasiswa S2 lain yang benar-benar jauh di atasku, tapi karena merasa aku belajar banyak di sini, jadi akan kucoba terus. Doakan, ya!

Meskipun semester ini lebih menantang dan kadang merasa lelah, untungnya teman-teman serta keluarga di sekitarku selalu memberikan support mereka yang tak terhingga. Karena dibandingkan sebelumnya, aku benar-benar membutuhkan mereka semester ini. Banyak yang harus diselesaikan, dan banyak keputusan yang harus diambil.

Bismillahirrahmanirrahim, semangat tingkat akhir. Rayakan, dan lulus dengan flying colors (dikutip dari surat penerimaan mahasiswa baru MIT 14 Maret 2012). 

3 thoughts on “Senior Fall

Leave a Reply

