Hari ‘Keberuntungan’

Tiga, empat, lima, aku menyalip sepeda-sepeda di depanku dengan kekuatan penuh. Kukayuh cepat-cepat sepedaku. Hanya ada lima, empat, tiga menit hingga kuliahku dimulai. Hari ini mungkin akan jadi kali kesekian aku memecahkan rekor bersepeda dari asramaku ke fakultas.

Kubunyikan bel sepedaku keras-keras ketika dua orang di perempatan jalan di hadapanku menyeberang tanpa melihat kiri kanan karena asyik mengobrol. “Minggir, minggir!” teriakku, dan barulah mereka sadar. Untung mereka tidak tertabrak.

Tiga, dua, satu menit lagi. Aku masuk ke parkiran sepeda Fakultas Teknik. Pukul sebelas lebih empat. Kuliahku mulai pukul sebelas lebih lima, tetapi tidak ada parkir sepeda yang kosong. Harus kutaruh di mana sepedaku?

Parkirannya hanya kosong jika kamu datang sebelum pukul sembilan.


Seseorang dari pojok parkiran berteriak, “Kau boleh parkir di sini! Aku akan pergi.”

Tak henti-hentinya aku berterimakasih pada orang yang sangat baik ini. Katanya, tidak masalah, dia baru selesai kuliah dan akan kembali ke asramanya. Dia melambaikan tangannya saat meninggalkan parkiran, yang kubalas dengan senyuman.

Saat tiba di kelas dan baru saja duduk, dosenku pun baru mulai mengajar. Benar-benar tepat waktu, untunglah. Kadang, telat lima menit pun bisa membuatku buta akan apa yang diajarkan 45 menit setelahnya, karena dosen-dosenku di sini mengajar dengan sangat cepat.

Saat kuliah sudah selesai, aku berencana makan siang di college-ku. Tetapi, saat keluar ruang kuliah, temanku menepuk pundakku dari belakang, “Titan, kamu jadi ke pertemuan unit mahasiswa X? Kita sudah RSVP minggu lalu, lumayan, ada lunch gratis, lho.” Aku pun langsung ingat, bahwa aku lupa memasukkan agenda ini di Google Calendar-ku. Aku pun pergi ke auditorium lain untuk mengikuti pertemuan ini.

Sore itu, setelah aku selesai dengan semua kuliahku, aku bersepeda pelan-pelan, menikmati angin sepoi-sepoi. Hari itu cerah sekali, matahari bersinar terang, dan awan sedang bersembunyi. Dedaunan segar mulai muncul, kuncup-kuncup bunga mulai merekah. Musim semi akan segera tiba.

Saat tiba di asrama, kubuka sepatuku, kutaruh di dekat pintu, lalu kubuka kaos kakiku. Kutaruh tasku di meja belajar, lalu kubuka coat-ku, dan kugantung helmku. Kukeluarkan ponsel pintarku dari dalam saku coat, dan kulihat ada beberapa surel. Satu surel tentang undangan kuliah umum oleh professor yang sangat kukagumi. Langsung kupencet tombol RSVP, berharap mendapatkan satu kursi.

Hari makin gelap, saatnya makan malam. Biasanya tepat pukul setengah tujuh, antrean untuk makan malam sudah mengular hingga ke luar dapur. Suasananya  cukup ramai, karena semua orang baru kembali dari departemen masing-masing, lelah namun gembira karena bercerita dengan teman-teman masing-masing.

Karena itu, biasanya meja makan panjang cepat terisi. Kadang, aku tidak dapat kursi di dekat teman-temanku dan harus duduk bersama orang yang belum kukenal. Kali ini pun begitu. Aku duduk di antara para mahasiswa yang mengambil master di bidang hukum. Topik yang mereka bicarakan memang menarik sekali, soal pidana internasional. Tanpa tersadar, aku pun terseret ke dalam arus diskusi mereka, dan sempat beropini satu dua kali, menyumbangkan perspektifku sebagai warga Indonesia.

Hari itu kututup dengan mengerjakan tugas, esai, dan laporan eksperimen. Meskipun belum selesai, setidaknya ‘I am making a big bite, not a small dent.’

***

Satu hal yang bagiku sangat menarik, adalah pikiran kita sebenarnya bisa memegang kontrol penuh atas diri kita. Saat aku mulai berpikir bahwa, “Hari ini bukan hari yang baik,” saat itulah kesalahan atau ketidakberuntungan kecil akan membuat diriku semakin terpuruk. Tetapi jika aku berpikir, “Tadi … hampir terjadi, tapi untunglah ada…,” maka hati pun terasa lebih ringan.

Hingga saat ini aku masih heran pada diriku sendiri, mengapa aku sering memberatkan pikiran dan hatiku, sementara aku sebenarnya bisa meringankan mereka?

Leave a Reply

