Tips: Bagi Mereka yang Tak Pulang

Mahasiswa-mahasiswa mendorong kopernya pulang, melewati tumpukan salju 6 inci tersebut. Senyum mereka mengembang: satu semester lagi telah mereka lewati, dan keluarga menunggu mereka di rumah. Meskipun mereka tahu pesawat mereka akan delay karena sejak kemarin badai salju belum berhenti, toh mereka tetap bersemangat juga. “I cannot wait to get out of this campus,” begitu kata salah satu dari mereka.

Aku? Ah, aku.
Pesawat pulang ke Indonesia p.p. selalu di atas $1500, apalagi, Rupiah sedang benar-benar lemah saat ini. Selama aku tidak didepak keluar dari asrama, lebih baik aku tetap tinggal saja di sini. Lagipula, ada pekerjaan paruh waktu yang bisa menambah tabunganku untuk membeli tiket pulang saat liburan musim panas nanti.
Ada waktu 2 minggu, yang bisa kugunakan untuk bersenang-senang sebelum IAP, alias Independent Activities Period (atau winter term) dimulai. Rencanaku? Panjang! Bagi kalian yang tak bisa pulang kampung seperti aku, semoga to-do list liburanku ini bisa menginspirasi, ya!

Take a walk! Explore!

Adakah satu tempat yang selalu kamu lihat, tetapi tak pernah kamu tahu apa yang ada di baliknya?
Setelah Kendall Square, apa tempat yang ada di ujung map itu?
Google Maps adalah starting point baik yang patut kamu coba. Atau, kamu bisa juga bertanya pada dirimu, apa nama tempat yang membuatmu penasaran, tetapi belum sempat kamu kunjungi. Atau, tempat yang temanmu rekomendasikan namun belum sempat kamu coba.
Siapa tahu, ada pemandangan luar biasa yang membuatmu berdecak kagum di sana.
Half-frozen Charles River. Mengingatkanku pada salah satu chapter QED.
Masakan Rumah

Coba pikirkan, sudah berapa kali kamu menghubungi ibumu, lalu berkata, “Bu, waktu aku pulang nanti, aku ingin makan A, B, dan C. Sudah lama tidak makan itu.”
Benar sekali! Karena waktumu luang tanpa ada tugas kuliah, bagaimana kalau kamu mencoba membuat masakan rumah? Aku yakin, orang tuamu pasti akan dengan senang hati berbagi resep rahasia mereka. Perut senang, homesick terobati!
Beberapa hasil masakanku liburan kali ini. Klepon, sambal kecap, dan oseng-oseng serta tempe mendoan.
Yang lebih menyenangkan lagi, kalau kamu berada di luar negeri, kamu seolah-olah ditantang untuk menemukan bumbu asli Indonesia. Kadang kamu tidak bisa menemukannya, jadi ‘kreativitas’-mu juga dilatih untuk menemukan pengganti bumbu-bumbu tersebut. Buatku sendiri, untuk mencari pewarna pandan untuk klepon, aku harus pergi ke supermarket yang belum pernah aku coba sebelumnya, yang letaknya dekat Boston College. Lumayan juga, karena kini pengetahuanku tentang tempat di sekitarku bertambah satu.
Akses KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)

Terkadang, ada tempat-tempat tertentu yang bisa kamu akses secara gratis, contohnya museum. Mahasiswa kampusku bisa mendapatkan akses ke Museum of Science dan Museum of Fine Arts gratis! Biaya masuknya sekitar $20-an, jadi lumayan sekali, bukan?
Hari ini aku menjajal Museum of Science. Jaraknya hanya 30 menit jalan kaki dari asramaku, tidak begitu jauh. Hal pertama yang kusadari saat masuk ke museum ini adalah: banyak sekali anak-anak. Ternyata, museumnya memang didesain seinteraktif mungkin supaya anak-anak tertarik dengan Sains. 
Dari kiri atas, searah jarum jam: Blue wing MoS yang terasa seperti di mall, 3D printer yang sedang naik daun, Rube Goldberg machine, dan giant Van der Graaf generator.
Masih banyak tempat-tempat lain di mana aku bisa mendapat diskon dengan KTM-ku. KTM-mu pun begitu, cukup pasang telinga lebar-lebar, dan buka mata awas-awas, karena diskon bagi mahasiswa itu ada di mana-mana, hehe.
Bersih-bersih

Coba cek jendela asrama/ kamar kosan milikmu, sudah setebal apakah debunya? Mungkin semester kemarin kamu masih bisa beralasan, tetapi tidak kali ini. Kamu sedang berlibur, dan wajib hukumnya kamu membersihkan semua yang kotor. Karena kebersihan itu sebagian dari iman, bukan?
Apalagi kalau teman bersih-bersihnya sekeren ini.
Motto: This beauty is a beast. Dengan harum pink grapefruit dan pamplemousse rose.
Tak ada yang lebih menyenangkan selain memulai semester barumu dengan kamar yang apik, bersih, dan harum, bukan?
Selain itu bersih-bersih di sini bukan hanya bersih-bersih kamar, tetapi juga bersih-bersih komputer. Backup semua data kuliah semester lalu yang penting dan akan kamu perlukan di masa depan, susun diktat-diktat kuliah, catatan-catatan, serta ujian-ujian penting dan buku teks-buku teks. Semester baru dengan performa komputer lebih cepat dan ringan, juga meja yang bersih dari kertas-kertas tak beraturan pastinya lebih membuatmu bersemangat.
Menjaga Peliharaan Teman

“Tan, kamu liburan di sini, kan? Bisa tolong beri makan ikanku dan siram tanamanku, tidak?”
Perkenalkan, ikannya yang sedang bersembunyi bernama Yam. Tugas mereka berdua adalah menjagaku selama liburan ini agar tidak kesepian.
Jika kamu juga ikut pulang, bayangkan, siapa yang akan menjaga peliharaan-peliharaan temanmu? Jadi, kamu patut berbangga hati karena menjadi pahlawan.
Tentu saja, peliharaan-peliharaan ini memberikanmu rutinitas baru (baca: memberi makan, dan menyiram), serta membuatmu terjaga dari rasa kesepian. Karena ada yang bisa kamu ajak bercerita tanpa mengomentarimu. Luar biasa.
Semoga saran-saranku di atas berguna. Jika kamu masih merasa punya terlalu banyak waktu luang setelah tips-tips di atas kamu coba, ada baiknya kamu mencoba hal lain yang belum kupikirkan, dan berbagi denganku di kolom komentar di bawah.
Sebagai penutup, ini adalah fortune cookie yang kudapat saat membeli honey walnut shrimp di Panda Express sore tadi.
No one would refuse this saying: Your good nature will bring you happiness.
Selamat berlibur kawan-kawan, dan sampai jumpa tahun depan. Terima kasih sudah setia membaca blog ini, semoga tahun depan blog ini semakin baik dan menyuguhkan info yang membantu kawan semua, ya!
Advertisements

4 thoughts on “Tips: Bagi Mereka yang Tak Pulang

  1. Kebetulan aku juga liburan dan gak pulkam.
    Hmm, mungkin kalo' aku bisa ditambah, mumpung libur bisa dipakai untuk lebih banyak mendekat pada Alloh. Banyak2 tadarus, solat2 sunnah, dll. Soalnya klo pas masuk, biasanya susah buat nyempetin yg sunnah2 gitu (buat aq). Hehe, itu juga baru rencana.

    Yg pasti, smoga liburannya menyenangkan!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s