Robot Pertama

11 Desember 2013. Pagi ini aku bangun dengan semangat; bukan hanya karena hari ini adalah hari terakhir kuliah, tetapi juga karena ada dua projects yang akan kupresentasikan hari ini: DP2 2.00 Introduction to Design (yang akan aku ceritakan lebih lanjut di post berikutnya setelah Prof. Yang merilis link Flickr untuk foto-fotonya), dan Autonomous Line-Following Robotic Carts 2.678 Electronics for Mechanical Systems.

Perkenalkan, ini robot milikku dan partnerku, Fernando Cunha. Robot #35 ini sudah ‘menderita’ puluhan kali uji coba (dan makian, karena tidak bekerja sesuai dengan keinginan).

Seperti yang mungkin telah kujelaskan sebelumnya, kelas ini dimulai seperti kelas elektronik lainnya: menghitung nilai resistor dengan mencocokannya dengan tabel warna. Dan benar sekali, tugas akhir semesternya adalah robot satu ini. Robot ini harus mengikuti track berwarna hitam dari garis start hingga finish.

Robot satu ini cukup simpel, sebenarnya. Dengan menggunakan Arduino micro controller, tak ada lagi komponen elektronik yang perlu kamu pusingkan. Semuanya ada di tanganmu, dan otakmu. Kamu cukup memprogram dengan bahasa C++ untuk mengatur input dan output dari sumber yang berbeda-beda, dan mengsinkronisasinya dalam program yang kamu tulis sendiri. Dalam gambar di atas, Si Otak Arduino adalah PCB berwarna biru, sedangkan pengontrol motornya sendiri adalah Polulu (PCB kecil berwarna hijau yang ditanam di breadboard warna putih). Polulu ini adalah semacam saraf-saraf periferal yang manusia miliki. Robot ini juga memiliki 3 sensor inframerah di bagian depan (tidak terlihat di foto), yang berfungsi sebagai mata. Kemudian, ada 2 motor yang mengatur gerakan robot di bagian kanan dan kiri. Selain itu, ada 4 roda yang berfungsi sebagai kaki, dan ditutupi karet seperti roda panser.
Foto diambil oleh Harrison Chin, salah satu Lab Instructor-ku.
Bisa kamu lihat dengan jelas, kalau track-nya tidak normal -ada banyak tikungan tajam, garis dengan berbagai ketebalan, infinite loop, bahkan gap sebesar 8-12 cm. Karena itu, ruangan lab di atas, sudah seperti ‘rumah’-ku saja selama seminggu terakhir. Ada jam kosong? Pergi ke lab ini, coding, lalu uji coba. 
Tetapi, rasanya menyenangkan sekali karena kami berhasil melaksanakan tugas ini. Walaupun kami bukan yang tercepat (kabarnya, pemenangnya dapat menyelesaikannya selama 34,8 detik!), semuanya tetap merasa senang. Di akhir kelas, Prof. Rowell dan instruktur lainnya memutuskan untuk menraktir semua mahasiswa di kelas ini pizza. Tak tanggung-tanggung ada 200 pak pizza ukuran besar yang diberikan.
This is definitely one of the best classes I have ever taken here. Perut kenyang, hati senang, otak cemerlang, hehe.
Stay tuned, post berikutnya tentang DP2 2.00-ku. Sedikit spoiler:
Kemasan baru untuk minuman: anti-tumpah, mudah dibawa, dan bisa ditutup kembali. Dipersembahkan oleh tim The Toucans: aku, Alex Romero Gomez, Justin Pedley, dan Tiffany Wong.

Sampai nanti, semoga sukses akhir semester ini (termasuk UAS)!
Advertisements

4 thoughts on “Robot Pertama

  1. Wah hebat mhs MechE MIT buat program robot, pdhl itu kerjaan mhs control engineering EECS MIT. De Titan, di MIT apkh ada Asrama untuk mhs Graduate program (mhs International sprti dari Indonesia) ? Smga de Titan smakin sukses.

    Like

  2. de Noor Titan, di asrama mhs dan Kantin MIT apk tersedia relatif banyak makanan halal ?
    Kpn nih balik ke Cimahi/Bandung ? Smga slalu sehat, slalu selamat, and slalu waspada di mn pun berada. Aamiin. Thanks.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s