Menyelamatkan Bumi & Menghancurkan Astro (2.00 DP1)++

Hal pertama yang aku ingin lakukan ketika berada di laman ini adalah menuliskan seberapa beratnya beban akademisku selama tiga-empat minggu terakhir. Karena itu aku belum sempat menulis hal-hal yang ingin kubagikan dengan kalian semua. Tetapi karena hari Rabu-Minggu ini libur (Thanksgiving Day!), akhirnya aku memiliki kesempatan untuk menulis di sini. Hore!


On a side note, Thanksgiving adalah salah satu hari libur besar di Amerika Serikat, selain Natal dan Tahun Baru, di mana orang-orang ‘berterima kasih’ atas hasil panen tahun ini, dengan makan besar. Biasanya ada kalkun, mashed potatoes, cranberry sauce, dan banyak makanan tradisional lainnya. Tetapi, ada kontroversi besar di balik Thanksgiving, sama halnya dengan Columbus Day dan hari-hari besar lainnya yang basisnya sebuah perayaan. Kabarnya, Thanksgiving pertama dirayakan di Plymouth, Massachusetts, ketika para pendatang (dari benua Eropa) diberikan makanan dari hasil panen Native Americans karena mereka tidak memiliki perbekalan yang cukup. Sayangnya, bertahun-tahun kemudian, ada perang di antara Native Americans dan orang Eropa pendatang ini, dan orang Eropa berhasil menduduki Amerika Serikat dan melakukan ‘genosida’ terhadap Native Americans. Karena itu, bagi Native Americans, Thanksgiving adalah hari yang sensitif. Berikut ini artikel dari Terra Trevor soal Thanksgiving bagi Native Americans yang harus kalian baca.

Oke, cukup Thanksgiving-nya, hehe. Seperti judulnya (dan seperti yang telah kujanjikan sebelumnya), berikut ini project dari timku di kelas 2.00 Introduction to Design, The Wookies, untuk menyelamatkan bumi dan menghancurkan astro! Bingung? Mungkin kamu perlu membaca entri ini terlebih dahulu.

Seperti nama kelasnya, pada project pertama ini kami harus membuat device/ alat untuk menghancurkan astro. Astro ini sendiri adalah balon helium yang diapungkan 4.6 meter dari tanah, dan sekitar 3.8 meter dari tempat kita. Banyak ide-ide yang bermunculan dari timku, tapi akhirnya kami memutuskan untuk membuat giant crossbow, alias sistem yang menyerupai panahan dengan ukuran super besar, untuk menuntaskan misi kami.

Kebanyakan foto-foto di bawah ini diambil dari MIT Ideation Lab Flickr, laboratorium yang dimiliki oleh professorku, Prof. Maria Yang, yang mengambil fokus terhadap cara-cara melahirkan ide-ide brilian. Selain itu, foto timku juga masuk di dalam The Tech (diambil oleh Melissa Schumacher), koran mahasiswa MIT yang didirikan sejak 1881, yang juga bisa dilihat di bawah ini.

Custom-made helium balloon, with ‘2.00 Introduction to Design’ written on it. We are just that cool.

Ya, balonnya benar-benar tinggi dan jauh dari tempatku berdiri. Lokasi: Stata Center, gedung dengan arsitektur paling unik di kampus MIT. Apa kalian bisa melihat cermin besar di sebelah kanan foto? Cermin tersebut adalah cermin cekung besar, salah satu karya artis yang didonasikan (atau dibeli?) oleh MIT.

Foto timku setelah dan saat beraksi. Dari kiri ke kanan: Matt Kim, Nicholas Kwok, States Lee, dan aku. Aku diberi kehormatan untuk meluncurkan anak panah dari device/ alat yang kami buat. Kami melakukannya dalam waktu kurang dari satu menit, dari waktu lima menit yang diberikan. Apa kalian penasaran dibuat dari apa alat kami?
Foam core! Bahan ini berbeda dengan styrofoam, biasanya digunakan oleh teman-teman arsitek dan teknisi untuk membuat maket dan prototype berbagai produk. Hal yang paling sulit dari desain kami ini tentu saja bagaimana menyatukan potongan-potongan foam core untuk membuat stik super panjang (sekitar 5.2 meter) dengan struktur yang kuat, supaya tidak terjadi bending/ pelengkungan/ atau ‘mondoyot’, haha.

Sekarang, dengan timku yang baru, kami sedang mengerjakan project kedua, alias DP2. Penasaran apa projectnya?

Kami akan mendesain sesuatu yang dibutuhkan oleh Clover Food Lab, sebuah food truck-restaurant chain yang didirikan oleh Ayr Muir, alumni MIT. Kami mewawancarai beliau, dan filosofi beliau tentang ‘clean flavors’ food yang sustainable dan organic benar-benar luar biasa. Beliau ingin membuktikan, bahwa rasa asli dari makanan kita itu sudah cukup, tanpa perlu tambahan zat additif lainnya. Game kecil-kecilan: Temukan kata Bahasa Inggrisku yang salah. Benar sekali, hingga saat ini, Bahasa Inggrisku masih ‘belum jadi’.
Sebenarnya, saat ini kami sedang menemui jalan buntu dalam proses melahirkan ide untuk produk baru, tetapi semoga saja semuanya bisa berjalan lancar seperti DP1-ku, amin, hehe.
Ada satu hal lagi yang ingin kukatakan. Beberapa waktu lalu, saat aku mengerjakan final project untuk 21M.030 Introduction to World Music, aku mewawancarai beberapa temanku yang alumni KPA3 untuk mencari tahu lebih banyak mengenai angklung sebagai alat musik modern. Sebagai rasa terima kasih, aku akan mengirimkan mereka kartu pos.
Sebuah ide tercetus beberapa hari lalu. Aku juga ingin berterima kasih atas kesediaan kalian untuk tetap membaca blog ini, memberi komentar, atau berinteraksi langsung denganku lewat surat elektronik. Karena itu, aku ingin mengirimkan sesuatu untuk kalian:

BB: Boston Beauty!

Karena, tentu saja, aku tidak bisa mengajak kalian keliling Boston, aku ingin berbagi sedikit tentang keindahan Greater Boston Area melalui kartu pos ini. Tentu saja ada syaratnya**, hehe.
Tolong kirim masukan/ komentar tentang apa yang telah kutulis hingga saat ini, post favorit kalian selama ini, dan apa yang ingin kalian ketahui lebih banyak di blog ini ke akunoortitan[at]gmail[dot]com. Tolong cantumkan juga nama dan alamat lengkap kalian. 1-2 orang yang beruntung akan menemukan kartu pos dariku di selipan pintu rumah mereka, atau dari Pak Pos yang baik hati. 
Terima kasih! Sampai jumpa di post berikutnya. Sekarang aku akan pergi ke reuni teman UWC-USA dulu, hehe.  
**Syarat termasuk: kamu belum pernah menerima kartu pos/ surat dariku sebelumnya -sama sekali. Hehe.
Advertisements

2 thoughts on “Menyelamatkan Bumi & Menghancurkan Astro (2.00 DP1)++

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s