Introduction to Design (and MIT Hack!)

Halo-halo-halo! Apa kabar kalian semua? Cambridge dan Boston sudah mulai dingin, dan beberapa hari yang lalu anginnya kencang sekali (dan semua dedaunan langsung rontok!). Rasanya sebenarnya menyenangkan sekali untuk berjalan di atas dedaunan rontok yang kuning, merah, dan jingga. Ada bunyi ‘kresek-kresek’ yang menyenangkan di sana!

Seperti yang sudah saya jelaskan dalam entri sebelumnya, walaupun sistem kuliah di MIT termasuk dalam semesteran, kelas yang saya ambil dalam jurusan 2-A semester ini kebanyakan sistemnya kuarter. Alhamdulillah, kuarter pertama sudah selesai dan saya berhasil menyelesaikan satu kelas (2.01 -Elements of Structures) kemarin dengan gemilang. Terima kasih pada dosen 2.01 saya yang resmi jadi dosen favorit saya di MIT: Prof. Simona Socrate!

Kuarter ini, saya memulai dua kelas baru: 2.00 (Introduction to Design) dan 2.02A (Engineering Materials). Untuk 2.02A sendiri, sistem kelasnya tradisional: lecture, recitation, quiz. Inti kelasnya kurang lebih sama dengan 2.01 dan 5.111 (Principles of Chemical Science, semacam intro kimia/ kimia dasar) yang digabungkan bersama. Singkat kata: tipikal mata kuliah di universitas-universitas.

Sedangkan untuk 2.00, karena seperti namanya: perkenalan terhadap dunia desain, berikut ini sahabat terdekatku belakangan ini: sketch book! Tiap orang di kelasku dapat satu buku, dan tugasnya sampai saat ini berkisar dalam ‘latihan otot kreativitas’, alias mencari ide-ide kreatif dalam ranah teknik.

//instagram.com/p/gMXsLPEEDf/embed/FYI, yes I’m on Instagram. No, I’m not a hipster.

Untuk design project pertama kami, kami harus mengalahkan Astro, si asteroid pengganggu yang bisa menghancurkan bumi. Bentuknya mirip dengan balon helium (memang balon helium, sebenarnya). Kami harus mendesain sebuah alat untuk ‘menghancurkan’ alias meletuskan si Astro satu ini agar bumi tetap aman. Berikut ini diagramnya. Semua materi ini diambil dari 2.00 Stellar DP1 Project Handout milik Prof. Maria Yang.

Yang bikin susah bukan hanya jarak dari standing area ke Astro yang cukup jauh, tetapi juga waktu yang terbatas sekali: 5 menit, untuk mengeksekusi rencana. Selain itu, material, alias bahan-bahan yang digunakan cukup terbatas, seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

Minggu lalu, salah satu tugasnya, dalam 2 hari saja kami harus memikirkan setidaknya 20 ide untuk menghancurkan Astro. Aku memang bukan orang yang terlalu kreatif, jadi aku butuh watu agak lama untuk mendapat 20 ide tersebut. Di sesi lab-nya sendiri, semuanya benar-benar luar biasa: ada suplai bahan baku yang tidak terbatas. “Oh, maaf, Prof. Yang. Balon yang tadi tidak sengaja kuletuskan, boleh minta balon yang baru?” akan dijawab dengan, “Ya, tentu saja.” Ada juga suplai kertas yang tak terbatas untuk menuliskan sketsa-sketsa ide yang harus didiskusikan, dan tentu saja permen dan makanan kecil untuk menyuplai otak, hehe.

Prof. Yang sendiri memimpin sebuah laboratorium, MIT Ideation Laboratory, yang fokus dalam meneliti bagaimana sebuah ide dilahirkan. Luar biasa.

Omong-omong soal ide dan kreativitas, pagi ini saat aku pergi ke office hours, ada hal menarik di lobby 7, salah satu gedung yang memiliki dome di MIT.

//instagram.com/p/gOneS7kENE/embed/Ya, MIT Hack! MIT Hack adalah cara yang dilakukan oleh mahasiswa MIT agar bisa menyalurkan ide-idenya yang kadang anti-mainstream dengan cara yang tidak berbahaya. Ada daftar lengkapnya MIT Hack di sini. Yang paling keren tentu saja, saat mereka berhasil memindahkan mobil polisi ke puncak dome di building 10.Berikut ini foto-foto lainnya dari MIT Hack hari ini.

The last but not the least, 30 Oktober kemarin adalah Hari Halloween. Salah satu hari liburan konsumtif masyarakat Amerika Serikat. Mereka membeli banyak sekali permen, dan membagi-bagikannya kepada anak-anak (atau orang dewasa) yang mampir di rumah/ apartemen mereka dengan kostum mengerikan sambil berkata, “Trick or treat!” Sejarahnya cukup panjang, dan aku kurang begitu tahu detailnya. Buatku yang non-US citizen ini, Halloween adalah salah satu hari untuk menggiatkan perekonomian Amerika Serikat yang didasari pada konsumsi.//instagram.com/p/gJD-SkkEC8/embed/Happy Halloween, dari si mata satu!

Advertisements

4 thoughts on “Introduction to Design (and MIT Hack!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s