Serupa Tapi Tak Sama

Pernah mendengar beberapa kalimat di bawah ini?

1. Jangan tanya apakah yang negara telah berikan padamu, tetapi tanya apa yang telah kamu berikan untuk negara.
2. Jangan berpikir bagaimana nanti, tapi nanti bagaimana.
Setelah pergi sana-sini bersama teman-teman selama 2 hari terakhir ini, tercetuslah sebuah pertanyaan baru di dalam angkot favoritku, Parongpong-Cimahi.
Jangan tanya untuk apa kamu hidup, tapi tanya hidup kamu bisa untuk apa.

Karena kondisi hati dan pikiran yang kadang tak menentu dan tertarik-terdorong antara lingkungan Indonesia dan Amerika Serikat, ledakan pertanyaan selalu muncul begitu saja tak bisa dibendung. Kalimat di atas adalah jawaban atas hampir semua pertanyaan yang saya pikirkan belakangan ini.
Dengan keadaan parah setelah kembali Amerika Serikat: ketidakyakinan akan keyakinan sendiri, reverse culture shock yang membuat menderita, serta krisis identitas dan rasa kritis yang tak habis-habis, mau tak mau membuatku tersiksa dan kehabisan energi. Tapi, aku menemukan jawabannya sekarang. Apa gunanya hidup, kalau tidak bisa berbuat apapun untuk hidup orang lain. Kalau lahir ke dunia hanya bisa memberatkan orang lain, lebih baik tak usah lahir ke dunia saja, kan?
Seperti biasa, saya pun untuk mendorong diri saya melakukan hal tersebut, rasanya susah luar biasa. Kalau begitu, tanya lagi, siapa saya, beraninya menyuruh orang lain untuk berbuat sesuatu sedangkan saya tak melakukan hal tersebut.
Eits, yang penting kan berusaha. Saya berusaha untuk memulai. Hal itu pun sudah cukup memaksa saya menggelinding ke arah kanan, seperti gaya gesek. Gaya gesek statis memang lebih besar dari gaya gesek kinetis, kan?
Ini juga jadi bahan pikiran saya. Mungkin di masa depan, saat saya melihat post yang satu ini, saya bisa sadar, siapa saya ini.
Leave a Reply

