Social Activity UWC Indonesia

Liburan kali ini tak ada yang sia-sia buatku. Walaupun sebagian besar habis dengan percuma, tetapi setidaknya ada yang kubawa untuk bekal hari-hari berikutnya.


Setelah Festival IYC kemarin, pas seminggu berikutnya, aku kembali ke kawasan Jabodetabek. Kali ini untuk Social Activity bersama teman-teman UWC Indonesia, tepatnya pada tanggal 12-14 Juli lalu.

Awalnya aku ogah-ogahan, bukan apa-apa, Depok itu panas menyengat luar biasa. Tapi, pikir-pikir juga: ini saatnya mengembalikan apa yang telah kuterima dari masyarakat.

Berbekal ransel berat dan tas selempang kecil kesayangan, kunaiki bus MGI, dan meluncur ke sana. Untunglah saudaraku bersedia menampungku, meski aku merepotkan mereka. Terima kasih, Mas Yadi dan Mbak Siti!

Hari pertama tiba. Rasanya bingung, karena anak-anak yang kami ajar di Yayasan Masjid Terminal Depok berbeda jauh dari bayangan sebelumnya. Semangat mereka berlebih, dan kami (bertiga tiap kelas) sepertinya tidak cukup mengakomodasi semangat mereka.

Kalau aku ingat wajah mereka lagi, rasanya aku ingin protes ke pemerintah. Bayangkan, untuk mendirikan sekolah saja, izin mereka dipersulit. Mereka juga hanya bergantung dari volunteer yang meluangkan waktunya mengajar. Jangan tanya soal BOS dan sebagainya, mereka tak dapat itu.

Miris juga, sekaligus mikir: Mengapa aku baru tergerak jika ada orang kurang beruntung di sekelilingku? Mengapa hatiku tidak otomatis saja tergerak tanpa harus distimulus? Supaya responnya lebih cepat, dan semua orang bisa hidup lebih baik.

Itu salah satu indikator pembeda antara satu manusia dengan yang lainnya, makanya dibuat seperti itu.

“Respon seseoranglah yang menentukan kualitas orang tersebut.” Mario Teguh.

Ah, ya. Aku mengerti itu maksudnya. Tinggal caraku menempatkan diri.
Leave a Reply

