introspeksi (lagi)

hm. aku terlalu sombong sebagai seorang manusia. aku terlalu egois dan egosentric. banyak orang yang telah kusakiti, hati nurani mereka kuperlakukan dengan kejam.

aku tertawa di atas penderitaan mereka. hatiku berdebar gembira saat tangisan mereka luluh. senyumku mengembang lebar saat mereka untuk tersenyum pun harus memaksakan diri.

aku tau, aku ini bodoh. aku tau saat aku pertama kali merasa aku pintar entah mengapa aku selalu ingin menjatuhkan orang lain.

maafkan aku, yang merasa pernah kusakiti. yang merasa pernah kujatuhkan. aku tahu, aku manusia biasa yang bisa menjadi super-egois. maafkan aku juga, Ya Allah.

Leave a Reply

